BERITA

Bagikan tulisan ini :

Share on facebook
Share on twitter

Posyandu Lansia di Era Pandemi Covid 19 di Gereja Katolik Kristus Juru Selamat Kotaraja Tahun 2021

Pastor Paroki ikut berpartisipasi
Pemeriksaan Laboratorium Darah
Konsultasi Pemeriksaan bersama dr. Yenny T. Womsiwor
Pemeriksaan Laboratorium Darah
Tim pemeriksa kesehatan Misa 1
Tim pemeriksa kesehatan Misa 2
Tim pemeriksa kesehatan Misa 3
Previous
Next

Sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat, khususnya lansia,  di masa pandemi Covid 19 maka mahasiswa FK Uncen mengadakan Posyandu Lansia dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah dan laboratorium sederhana (kolesterol, gula darah sewaktu dan asam urat), serta konsultasi hasil pemeriksaan tersebut bersama dr. Yenny T. Womsiwor (yang adalah angkatan pertama alumni FK Uncen) dan dr. Antonius O. Ibo ICNF, MKes (yang merupakan Kepala Litbangkes Propinsi Papua dan merupakan Dosen Luar Biasa di lingkungan FK Uncen).  Posyandu Lansia dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 21 Februari 2021 bertempat di Gereja Katolik Kristus Juru Selamat Kotaraja dengan sasaran umat yang selesai mengikuti ibadah misa I, II dan III.

Kegiatan Posyandu Lansia, yang kali ini diketuai oleh Ruben Gustaf Gandeguai, SKed, bertujuan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan  sebagai upaya pemantauan status kesehatan umat lansia secara umum di wilayah Gereja Katolik Kristus Juru Selamat Kotaraja di era pandemi Covid 19 Tahun 2021.  Pelayanan yang diberikan berfokus pada umat yang berusia lebih dari 40 tahun, sebagai upaya  pemantauan kondisi kesehatan dan deteksi dini penyakit degeneratif yang dapat dialami seiring pertambahan usia, mengatasi keluhan kesehatan yang dialami dan memberikan penyuluhan kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesehatannya, terlebih di era pandemi Covid 19  ini.

Tim berkumpul di lokasi kegiatan, yakni di Gereja Katolik Kristus Juru Selamat Kotaraja pada jam 07.30 pagi untuk persiapan tempat dan alat.    Layanan pemeriksaan kesehatan diberikan dengan membuka posko di dalam gedung PAUD / TK yang ada di lingkungan Gereja Katolik Kristus Juru Selamat Kotaraja.  Ruang diatur sedemikian rupa, mengikuti protokol kesehatan di masa Covid 19 dengan menerapkan penyediaan hand sanitizer, menjaga jarak dan memakai masker dengan baik.

Ruangan ditata menyerupai klinik sederhana yang terdiri dari :

  1. Meja registrasi
  2. Kursi tunggu antrian
  3. Meja pemeriksaan tekanan darah
  4. Meja pemeriksaan laboratorium darah (kolesterol, gula darah sewaktu dan asam urat)
  5. Meja dokter (konsultasi hasil pemeriksaan darah)

 

Total jumlah Umat Gereja Katolik Kristus Juru Selamat Kotaraja yang berusia 40 tahun atau lebih yang mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan ini sebanyak 112 orang. Dari wawancara sepintas dengan peserta yang mengikuti kegiatan ini umumnya menyatakan bahwa dirinya merasa terbantu dalam pemberian informasi mengenai status kesehatan masing-masing berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan kepada masing-masing individu dan berharap agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.