BERITA

Bagikan tulisan ini :

Share on facebook
Share on twitter

TBM Metacarpal Fakultas Kedokteran Uncen Melakukan Penyuluhan Pencegahan Covid 19, Anti Narkoba dan Pemberian Bantuan Sembako Kepada Panti Asuhan Laskar Kristus, Kertosari, Sentani

Sambutan Ketua Yayasan Laskar Kristus
Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Anak-Anak oleh dr.Izak Yesaya Samay,Sp.KJ.,M.Kes
Penyuluhan Pencegahan Covid-19 oleh Grace Bonggoibo
Penyerahan bantuan sembako secara simbolis
Panitia pelaksana kegiatan, anak-anak dan pengurus Panti Asuhan Laskar Kristus
Panitia pelaksana kegiatan
Previous
Next

Tim Bantuan Medis (TBM) Metacarpal merupakan salah satu organisasi mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan kegawatdaruratan medis yang pada tanggal 4 April 2021  lalu genap berusia 2 tahun. Dalam momentum perayaan ulang tahun tersebut TBM Metacarpal melakukan kegiatan sosial berupa penyuluhan pencegahan Covid-19, penyuluhan anti narkoba dan pemberian bantuan sembako kepada Panti Asuhan Laskar Kristus, Kertosari, Sentani yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2021. Adapun materi penyuluhan anti narkoba dibawakan oleh dr.Izak Yesaya Samay,Sp.KJ.,M.Kes selaku Pembina TBM Metacarpal dan sebagai Dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih, materi pencegahan Covid-19 dibawakan oleh salah satu anggota TBM Metacarpal, Grace Bonggoibo.

Harapannya, dengan dilaksanakannya penyuluhan yang diikuti oleh kurang lebih 30 anak-anak panti asuhan dan pengurus panti asuhan tersebut dapat mengedukasi anak-anak sejak dini mengenai dampak bahaya narkoba bagi masa depan mereka serta dapat mencegah penularan Covid-19 di lingkungan panti asuhan. Selain perayaan ulang tahun TBM Metacarpal, kegiatan tersebut juga dilakukan sekaligus melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan tersebut tentunya menjadi kesempatan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran yang tergabung dalam organisasi TBM Metacarpal untuk menumbuhkan rasa kepedulian untuk menolong sesama sejak dini, belajar berinteraksi secara langsung dengan masyarakat, komitmen dalam mencegah penularan Covid-19 serta kepedulian dalam memerangi penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja dan anak-anak.

Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diterapkan dalam kegiatan tersebut dengan mewajibkan peserta yang hadir untuk memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta setiap peserta yang hadir diberikan masker dan hand sanitizer gratis oleh panitia pelaksana kegiatan. Kegiatan tersebut sebelumnya telah diberi rekomendasi izin oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura.

TBM Metacarpal dalam kesempatan sebelumnya juga telah melakukan beberapa kegiatan semenjak dibentuk oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih pada tanggal 4 April 2019, berupa kegiatan sosial kemanusiaan, pendidikan dan pelatihan anggota serta edukasi masyarakat. Kegiatan itu meliputi pemberian bantuan korban kebakaran, trauma healing pasca bencana, pembagian masker dan hand sanitizer gratis, dan edukasi masyarakat tentang hidup new normal di tengah situasi pandemi Covid-19. Mahasiswa FK Uncen yang bergabung dalam TBM Metacarpal juga akan dibekali dengan pendidikan dan pelatihan terkait topik medis dan non-medis.

Penulis: Askar Bone / dr. Elieser, M.Kes